Membersihkan Noda Secara Umum, Begini Tipsnya

Selamat pagi kawan-kawan Laundry Plasa, bagaimana kabar Anda hari ini? Tentunya hari ini adalah hari yang cerah untuk mencuci bukan? Kebetulan sekali untuk tips kali ini kami akan membahas bagaimana sih membersihkan noda secara umum.

Ketika melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari aktivitas yang ringan sampai yang berat seringkali pakaian yang sedang kita gunakan ikut menjadi korban “kekotoran” dari aktivitas kita. Noda yang menempel pun beragam mulai dari makanan, tinta ataupun kotoran yang disebabkan dari aktivitas Anda di luar tentunya membuat Anda jengkel.

Kami ada beberapa tips untuk menghilangkan noda pada pakaian Anda dengan mudah dan bisa Anda lakukan sendiri dirumah tanpa harus pergi ke laundry. Contohnya seperti menghilangkan noda permen karet cukup mudah dilakukan. Anda bisa melakukannya dengan mengoleskan es batu atau air es awalnya sampai permukaannya menjadi keras, lalu dilanjutkan dengan mengikisnya menggunakan pisau tumpul.

Setelah itu bisa dilanjutkan dengan mengoleskan deterjen penghilang noda sebelum mulai mencuci. Selain permen karet, noda yang dihasilkan dari minuman seperti kopi, teh atau soft drink sering menempel di pakaian dan mudah untuk dihilangkan.

Caranya adalah rendam pakaian di dalam air dingin kemudian masukkan deterjen cair maupun deterjen bubuk. Untuk hasil yang lebih optimal Anda juga bisa menggunakan cairan pemutih pakaian yang aman dan memiliki kandungan sodium hypochlorite.

Kalau baju yang terkena noda minuman tadi harus memakai air dingin, beda lagi yang terkena bekas cokelat. Air panas tentunya harus digunakan ditambah dengan cairan penghilang noda pakaian. Untuk lebih optimal, bisa menambahkan cairan yang mempunyai kandungan enzim seperti pasta gigi.

Kandungan enzim bisa ampuh menghilangkan noda pakaian yang diakibatkan oleh susu dan telur. Kalau untuk noda tinta kesulitannya juga lebih sulit karena harus dipisah sendiri dari pakaian yang lain. Tapi untuk beberapa hal seperti membersihkan daerah yang terkena noda dengan sponge yang telah diolesi cairan penghilang noda atau alkohol pada bagian belakangnya.

Lalu dilanjutkan dengan melakukan pencucian menggunakan air. Beberapa tips di atas dapat Anda lakukan untuk menghilangkan berbagai noda yang menyerang pakaian Anda dan keluarga. Namun, Anda juga harus mengenali bahan pakaian tersebut sebelum mencucinya.

Seperti pakaian katun yang dapat bertahan saat perendaman, pengeringan maupun panas, namun jika pakaian berbahan wol tentu akan sangat sensitif jika terkena panas dan Anda harus memperlakukan bahan wol dengan lembut dan merendamnya dengan air yang tidak terlalu panas. Lain halnya dengan pakaian yang menggunakan bahan sintetis dan sutra. Untuk pakaian yang menggunakan bahan sintetis, sebaiknya Anda menggunakan bahan yang mengandung hidrogen peroksida.

Selain itu, Anda bisa menggunakan cairan yang mengandung glycerin stain removal untuk membersihkan noda pada pakaian berbahan sutra.