Ketika Anda mencuci menggunakan mesin cuci pernahkah tidak sengaja melupakan cucian di dalam mesin cuci? Misalnya meninggalkan tumpukan cucian yang sudah selesai dicuci di dalam mesin cuci selama beberapa jam atau bahkan semalaman. Kemudian Anda berpikir apakah harus mencuci ulang kembali semuanya atau tidak?

Pada umumnya diperlukan waktu 8-12 jam untuk menimbulkan bau apek atau tidak sedap pada pakaian basah. Anda bisa segera mengetahui apakah perlu mencuci ulang atau tidak setelah membuka pintu mesin cuci. Jika tumpukan cucian baunya lebih parah dari sebelum dicuci, lebih baik melakukan proses pencucian ulang.

Jika belum bau, segera keluarkan dari mesin cuci dan langsung dijemur. Biasanya bau tak sedap muncul tidak hanya pada cucian saja, tapi juga bisa di mesin cuci terutama mesin cuci bukaan depan. Kok bisa begitu?

Alasan cucian tidak boleh terlalu lama diletakan di mesin cuci

Karena pakaian basah yang habis dicuci dengan suhu panas dan kombinasi ruang bagian dalam mesin cuci merupakan ‘habitat’ untuk pertumbuhan jamur. Jamur akan tumbuh di bagian dalam mesin cuci dan karet-karet pintu, akibatnya mesin cuci milik Anda akan berbau tak sedap. Bau tak sedap pada mesin cuci tentunya akan mempengaruhi bau cucian di dalamnya.

Selain bau tak sedap, cucian basah yang ditinggal terlalu lama di dalam mesin cuci juga terancam jamur. Jamur dapat menimbulkan kerusakan permanen pada pakaian karena sulit dihilangkan. Merendam cucian dalam air hangat atau panas dengan tambahan deterjen dapat membantu menghilangkan. Tapi kadang jamur tetap membandel dan tidak mau hilang juga.

Untuk menghindari bau tak sedap pada pakaian dan mesin cuci, Anda perlu segera mengeluarkan cucian dari dalam mesin cuci setelah proses pencucian selesai. Selain itu mesin cuci juga harus dibersihkan secara rutin sesuai dengan petunjuk dari produsen mesin cuci.

Coba nyalakan mesin cuci tanpa cucian apapun didalamnya, menggunakan air panas dan 1 takar pemutih atau Anda bisa menggunakan chemical khusus untuk membersihkan mesin cuci yang sudah banyak dijual di pasaran. Cara ini biasanya bisa menghilangkan bau tak sedap pada mesin cuci.

Tetapi, jika yang jadi masalah adalah Anda seringkali melupakan pakaian yang dicuci di dalam mesin cuci, atau terpaksa meninggalkannya disana, untuk waktu yang cukup lama, maka sebaiknya mencuci kembali pakaian yang ditinggal tadi.

Jika Anda merasa bahwa Anda tidak bisa langsung mengeluarkan pakaian yang dicuci, karena ada urusan lain atau takut tertidur, misalnya, pasang timer dengan waktu yang sesuai pada mesin cuci. Banyak jenis mesin cuci yang menyediakan opsi ini. Anda juga bisa menggunakan alarm atau reminder pada ponsel untuk mengingatkan supaya mengeluarkan pakaian.