BENARKAH DETERJEN TIDAK DIANJURKAN BUAT WC

Halo Sobat laundry, kami akan memberikan sedikit artikel tentang “ Benarkah Deterjen Tidak Dianjurkan Buat WC “. Untuk selengkapnya langsung saja simak dengan seksama artikel dibawah ini ya.

Toilet yang bersih itu sehat, akan tetapi dalam membersihkannya tidak boleh memakai air sembarangan. Membuang air bekas cucian yang masih mengandung sabun pada toilet itu tidak baik.

Yang dimaksud toilet di sini adalah WC, dan yang dimaksud air cucian adalah air bekas cucian pakaian maupun benda yang lainnya yang menggunakan sabun cuci/deterjen. Memang benar dengan air tersebut toilet akan lebih mudah dibersihkan, daripada menggunakan air biasa yang tanpa menggunakan cairan khusus yang memang diciptakan untuk membersihkan toilet.

Selain untuk membersihkan toilet, banyak yang beranggapan dengan membuang air sisa atau bekas cucian akan membuat toilet menjadi wangi. Ya itu memang benar adanya, karena sabun cuci memang harum baunya.

Jika memang air bekas cucian dapat membuat toilet menjadi lebih mudah dibersihkan dan membuat baunya lebih harum, lalu mengapa Sobat harus menghindarinya?

Sebenarnya akibat yang ditimbulkannyalah yang menjadi masalah, sehingga Sobat harus berpikir 2 kali untuk membuang air bekas cucian pada toilet. Akibatnya yaitu septic tank akan cepat penuh, artinya tidak seperti pada umumnya.

Septic tank adalah kolam atau bak yang digunakan sebagai tempat atau wadah untuk membuang kotoran yang berasal dari toilet. Terlalu cepat penuh bukan karena kotorannya yang memang telah banyak tertampung pada septic tank tersebut, akan tetapi busa yang ditimbulkan dari air bekas cucianlah yang membuatnya cepat penuh.

KENAPA DETERJEN DILARANG BUAT WC ?

Busa sabun deterjen yang berada di dalam septic tank dapat mengangkat serpihan-serpihan kotoran di dalamnya. Dengan begitu septic tank akan dipenuhi serpihan kotoran yang bercampur busa yang ditimbulkan dari air bekas cucian.

Sehingga apabila hal itu terjadi setiap hari maka tidak akan membutuhkan waktu yang lama bagi kotoran-kotoran di dalam septic tank untuk mencapai permukaan. Jadi apabila itu terjadi segerahlah Sobat memanggil tukang sedot wc sebelum kotoran-kotoran tersebut meluber.

Namun bagi yang tidak menggunakan septic tank tentu membuang air yang masih mengandung sabun tidak menjadi masalah. Yang dimaksud tidak menggunakan septic tank di sini adalah jika saluran pembuangan toilet langsung menuju ke tempat yang mengalir.

Nah itulah akibat yang ditimbulkan dari air bekas cucian yang Sobat buang ke toilet maka Jangan Buang Air Bekas Cucian Pada Toilet. Apalagi jika air sabun cuci belum dipakai untuk mencuci, artinya memang sengaja membersihkan toilet dengan sabun cuci. Ini tentu kelak akan lebih cepat menimbulkan masalah pada septic tank. Karena itu sama saja dengan mengalirkan air sabun ke dalam septic tank dengan melalui toilet.

Jadi jika hendak membersihkankan toilet sebaiknya gunakanlah cairan atau produk yang memang diciptakan untuknya. Sehingga toilet atau wc menjadi bersih dan sehat, namun tidak menimbulkan permasalahan seperti yang telah terurai di atas.

Sekian artikel laundry dari kami, tetap jaga selalu kebersihan laundry yah Sobat. Terimakasih.