Tinta Di Seragam Sekolah, Jangan Khawatir ini Tipsnya!

Biasanya ketika sekolah, anak-anak menggunakan pulpen atau spidol dan tintanya mengenai pakaian seragamnya terutama seragam warna putih. Banyak orang yang beranggapan kalau noda tinta sulit atau mungkin tidak bisa dihilangkan. Tapi jika mengikuti langkah yang benar, noda tersebut bisa hilang. Nah berikut ini ada tips bagaimana menghilangkan noda tinta pada seragam sekolah anak Anda

  1. Segera tangani

Untuk noda tinta, lebih baik segera ditangani karena kalau semakin lama ditangani maka noda akan sulit untuk dihilangkan. Tetapi kalau semakin cepat ditangani, noda akan cepat menghilang.

  1. Hindari noda tersebar

Segera pisahkan baju yang terkena noda pulpen atau spidol dari pakaian yang lain. Untuk mencegah noda menembus ke lapisan kain di bawahnya, gunakan satu atau dua lembar kain lap sebagai alas lapisan kain yang bernoda. Fungsi dari kain lap ini juga sekaligus sebagai penyerap kelebihan noda.

  1. Jauhkan dari sumber panas

Untuk memperlambat proses pengeringan dan penyerapan noda lebih jauh ke serat kain, hindarkan baju yang bernoda tersebut dari panas, seperti mesin pengering pakaian, air panas dan sinar matahari.

Jika perlengkapan untuk menghilangkan noda tinta tidak ada di sekitar Anda, Anda bisa memberi deterjen cair untuk sementara di atas noda. Nantinya deterjen ini akan diperlukan lagi untuk mencuci baju setelah noda menghilang. Selain itu, siapkan bahan-bahan penghilang noda tinta yang diperlukan. Bilas kain untuk melunturkan deterjen sebelum memakai bahan pembersih noda tersebut.

Ada tips lain jika tidak ada chemical khusus pembersih noda tinta dan Anda bisa menggunakan bahan sehari-hari. Berikut ini tips dan triknya.

  1. Susu

Sebagai cara menghilangkan noda tinta pada baju berwarna, manfaatkan susu cair putih untuk merendam bagian yang terkena noda selama beberapa jam.

  1. Pasta gigi

Oleskan pasta gigi yang bukan berbentuk gel bening pada noda, tepuk-tepuk dengan jari, lalu bilas dengan air.

  1. Alkohol

Manfaatkan alkohol untuk merendam bagian kain yang bernoda selama beberapa menit untuk membantu melonggarkan partikel-partikel tinta yang menempel pada serat-serat kain.

  1. Hairspray

Pilihlah hairspray dalam kemasan aerosol semprot. Semprotkan sedikit hairspray pada area yang bernoda. Semakin murah, hairspray mengandung semakin banyak alkohol sehingga lebih ampuh dalam hal ini.

  1. Hand sanitizer

Kandungan gliserol dan alkohol di dalam hand sanitizer efektif membantu mengangkat noda bekas pulpen. Oleskan memakai sikat gigi bekas secara pelan-pelan tanpa memperluas area noda.

*Hairspray dan hand sanitizer sebaiknya digunakan pada baju kering dan pada noda yang belum diolesi deterjen cair sebelumnya. Dalam keadaan masih basah oleh bahan-bahan penghilang noda tinta tersebut, langsung masukkan baju yang bernoda ke dalam mesin cuci, tambahkan deterjen cair, lalu jalankan mesin cuci pada putaran suhu air biasa.