Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Ketika Mencuci

Banyak orang melakukan kesalahan saat mencuci. Apakah Anda salah satunya? Biasanya, ada beberapa kesalahan yang umum dilakukan oleh orang-orang saat mencuci. Kemungkinan Anda juga tidak menyadari telah melakukan kesalahan tersebut ketika mencuci baju. Dibawah ini adalah beberapa kesalahan yang umum dilakukan oleh orang-orang ketika mencuci. Apa sajakah itu?

  1. Hanya memilah pakaian berdasarkan warna

Untuk pakaian, sebaiknya tidak dipilah berdasarkan warna gelap dan terang saja. Tapi, pakaian yang kotor sekali juga harus dicuci secara terpisah dari pakaian yang tidak terlalu kotor. Hal tersebut berfungsi agar pakaian yang amat kotor bisa dibersihkan secara maksimal dan menyeluruh.

  1. Menggosok noda dengan keras

Jika Anda berpikir untuk menghilangkan noda di baju dengan cara digosok atau dikucek dengan keras, itu adalah cara yang salah. Cara tersebut bisa merusak serat kain dan membuat noda semakin susah hilang. Solusi yang terbaik adalah menggunakan treatment yang tepat untuk menghilangkan noda di baju dan kucek secara perlahan dengan deterjen.

  1. Menuang deterjen langsung pada pakaian

ketika mencuci dengan mesin cuci, beberapa orang mungkin menuang deterjen terlebih dulu ke atas baju, lalu baru mengisi mesin cuci dengan air bersih. Cara menggunakan mesin cuci yang benar adalah memasukkan baju kotor ke dalam mesin, isi mesin cuci dengan air bersih baru dituang deterjen secukupnya. Cara tersebut berguna untuk mencegah residu busa deterjen yang berlebihan pada pakaian dan mesin.

  1. Terlalu banyak menggunakan deterjen

Memakai deterjen yang berlebihan bisa membuat pakaian tidak bersih maksimal. Busa berlebih bisa menahan kotoran di serat pakaian dan akibatnya terjadi penumpukan bakteri pada pakaian seperti noda kuning di bawah kerah baju.

  1. Membiarkan resleting baju atau celana terbuka

Sebelum mencuci, tutup resleting pakaian sebelum dicuci. Karena resleting yang terbuka berpotensi dapat merobek pakaian lain dan yang paling parah bisa menggores bagian tabung mesin cuci dan pintu mesin cuci tipe front load

  1. Tidak membuka kancing kemeja

Bagian dalam kemeja juga perlu dicuci agar bersih. Oleh karena itu, kancing kemeja harus dibuka dulu sebelum mulai dicuci.

  1. Tidak membersihkan dan merawat mesin cuci dengan benar

Setelah menggunakan mesin cuci, bilas mesin tersebut dengan air bersih untuk membersihkan sisa residu deterjen. Kemudian, bersihkan serat pakaian yang terdapat pada filter untuk menghindari penyumbatan. Lalu, biarkan tutup mesin cuci terbuka agar bagian dalamnya kering secara alami. Menyimpan mesin cuci dalam keadaan lembap bisa menyebabkan timbulnya jamur dan bakteri.