Mesin Cuci Kotor dan Bau? Ternyata Ini Masalahnya!

Ketika Anda melakukan kegiatan rutin mencuci pakaian Anda menggunakan mesin cuci tentunya menggunakan deterjen yang cukup banyak terutama jika menggunakan deterjen bubuk. Hal itu pastinya membuat mesin cuci Anda cepat bau dan kotor karena tumpukan residu dari deterjennya. Selain itu, suhu air yang digunakan ternyata juga mempengaruhi kondisi mesin cuci Anda.

Menggunakan air dengan suhu dingin karena alasan penghematan energi apalagi dilakukan terus-terusan malah berakibat buruk pada mesin cuci dan hasil cucian Anda. Ada beberapa jenis deterjen yang tidak dapat bekerja dengan baik pada suhu air yang rendah.

Bed bugs juga bisa bertahan alias tidak hilang dalam proses pencucian dengan air yang dingin. Karena itu seprai, bed cover, maupun dufet dianjurkan untuk dicuci dengan air panas. Menggunakan air panas saat mencuci ternyata juga membantu mencuci mesin cuci.

Maka dari itu, perawatan rutin dengan memanfaatkan program air panas untuk membersihkan mesin cuci juga dianjurkan. Kotoran yang biasanya menumpuk pada saluran-saluran yang ada di mesin cuci yang kemudian menimbulkan bau dan jamur. Apalagi sisa-sisa deterjen bubuk bisa membuat mesin cuci menjadi jauh lebih kotor lagi.

Yang lebih parah lagi, dapat menyimbat sehingga mengakibatkan mesin cuci gagal bekerja atau air tidak mau terkuras. Selain penyebab kotoran yang melekat di mesin cuci, bau yang ada di mesin cuci juga bisa timbul karena bahan kimia yang terdapat pada deterjen kualitas rendah atau karena saluran pembuangan air yang tidak baik atau lancar.

Apabila sudah melakukan siklus cuci untuk perawatan mesin cuci 1-2 kali dan bau tetap ada, Anda bisa mencoba menuangkan cuka putih ke dalam laci deterjen pada mesin cuci disertai siklus cuci dengan air panas. Jangan masukkan cucian apapun di dalam mesin cuci, biarkan mesin cuci bekerja dalam keadaan kosong.

Tapi Anda bisa juga menggunakan chemical laundry khusus untuk membersihkan mesin cuci. Biasanya chemical ini banyak dijual dipasaran terutama toko yang menjual kebutuhan laundry. Banyak pelaku usaha laundry menggunakan chemical khusus membersihkan mesin cuci ini untuk merawat mesin cuci mereka.